Rabu, 05 April 2017

SESUATU UNTUK MEREKA YANG TERSAYANG



Siapa Mereka?
Aku memiliki banyak orang yang aku sayangi, salah satunya adalah keluarga ku dan murid-muridku di sekolah. Aku bekerja di sekolah Mts Nurul Hikmah Pondok Aren, Tangerang sejak tahun 2013. Mts ini merupakan sekolah swasta yang murid-muridnya berasal dari keluarga menengah ke bawah. Ya murid-murid ku sebagian besar berasal dari keluarga yang ekonominya menengah ke bawah. Dan tidak sedikit pula murid-muridku yang memiliki latar belakang keluarga yang kurang mendukung, mulai dari anak broken home, anak-anak yang kurang perhatian keluarga, atau anak-anak yang orang tuanya berpendidikan rendah sehingga cenderung kurang dalam hal mendidik anaknya di lingkungan rumah. Keadaan ekonomi dan kondisi keluarga ini sangat mempengaruhi karakter anak-anak ini di sekolah. Mereka menjadi anak-anak yang sangat susah diatur ketika di kelas, terlebih dengan kondisi kelas yang kurang nyaman, sehingga mereka semakin tidak betah dan cenderung membuat gaduh di kelas selama jam pelajaran.

Mengapa Mereka?
Sebagai manusia, aku merasa kasian dengan anak-anak ini, bukan salah dan mau mereka untuk ditakdirkan menjadi anak yang berasal dari keluarga seperti ini. Anak-anak ini membutukan kasih sayang yang lain dari guru-gurunya yaitu saya sendiri. Saya ingin sekali bisa membantu mereka dan membuat mereka menjadi anak yang berkarakter baik. Sedangkan Saya juga tidak bisa banyak membantu anak-anak ini karena keterbatasan saya tentunya. Hanya sesekali saja saya bisa mengajak ngobrol mereka dari hati ke hati dan memperhatikan mereka satu per satu, itu pun tidak bisa saya lakukan setiap harinya, karena saya juga harus mengajar di kelas, apalagi saya sendiri dan jumlah mereka juga tidak sedikit. Anak-anak ini sebenarnya memiliki potensi yang bagus, asalkan kita dapat memberikan mereka fasilitas yang nyaman agar mereka dapat menemukan minatnya masing-masing.

Apa yang mereka butuhkan ?
Salah satu fasilitas kenyamanan yang bisa diberikan kepada mereka adalah fasilitas kelas yang nyaman. Kelas yang nyaman haruslah kelas yang dapat mendukung proses belajar mengajar yang kondusif di dalam kelas. Dengan kata lain, kelas yang nyaman merupakan kelas yang dapat membuat mereka betah di kelas. Sedangkan di sekolah tempat saya mengajar, memiliki ruang kelas yang kurang nyaman. Kelas nya terasa panas, dengan jumlah murid antara 35 sampai dengan 40,apalagi jika matahari sedang terik-teriknya. Hal ini membuat mereka menjadi sangat tidak bisa diam, mengipas-ngipas menggunakan buku, tidak bisa konsentrasi ketika saya menjelaskan materi, dan menjadi malas-malasan ketika diberi soal latihan, sampai mereka duduk-duduk atau bahkan tidur-tiduran di lantai untuk menghilangkan kegerahannya, apalagi jika sedang habis pelajaran olahraga.

Benda apakah itu ?
Maka dari itu saya ingin sekali memberikan sebuah hadiah kepada mereka, sebuah hadiah yang sangat sederhana, yaitu kipas angin untuk di setiap kelas. Kipas angin yang mereka butuhkan adalah kipas angin dinding yang dipasang di atas tembok kelas. Kipas angin jenis ini sangat banyak dijual elevenia.com,  salah satunya kipas angin yang dijual dielevenia berikut ini http://www.elevenia.co.id/prd-cosmos-wall-fan-16-wfo-biru-wfw-ungu-kipas-angin-dinding-15666297

Untuk apa ?
Walaupun hadiah ini tidak banyak membantu, tapi saya harap hadiah ini dapat membantu sedikit yaitu memberikan kenyamanan belajar di kelas. Harapan saya, dengan kipas angin ini, mereka jadi betah di kelas, dan tidak keluar-keluar lagi ke luar kelas, serta membuat mereka lebih tenang dan tidak membuat gaduh di dalam kelas. Mungkin Saya tidak bisa selalu memberikan yang terbaik untuk murid-murid ku ini, tapi setidaknya untuk di awal memberikan kelas yang nyaman dapat mengarahkan saya untuk memberikan sesuatu lainnya yang bisa membuat mereka menjadi anak yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar: