Rabu, 19 April 2017

HATI-HATI, WANITA INDONESIA BANGKIT DARI SANGKARNYA


Judul yang agak aneh memang. Apa yang harus diwaspadai kalau memang wanita Indonesia bangkit? Eits, jangan salah. Dahulu wanita Indonesia memang terkungkung oleh adat dan budaya, tapi kini tidak lagi. Sekarang wanita bisa dengan bebas menentukan pilihannya. Thanks to Ibu Kartini yang telah berjuang membuka jalannya buat kita wanita masa kini. Tapi... sepertinya perjuangan itu belum selesai.


Saat ini masih ada loh segelintir orang yang masih terpaku dengan stereotip wanita zaman dahulu. Beberapa stereotip negatif tentang wanita masih tertanam sampai sekarang. Contohnya saja seperti anggapan kalau wanita itu tempatnya di dapur, atau wanita itu lebih sering mengandalkan perasaan dibanding logika, ada juga yang mengatakan kalau wanita itu tidak bisa mengerjakan pekerjaan para pria, atau yang lebih parah adalah anggapan soal sepantasnya gaji wanita dibawah gaji pria walaupun pada level yang sama.

Saya sebagai seorang wanita jelas geram dengan stereotip-stereotip tersebut. Dunia memang sudah modern, begitu pun dengan benda-benda di sekitar kita yang makin canggih, sayangnya itu berbanding terbalik dengan otak manusia segelintir orang. Buat saya orang-orang seperti itu sebenarnya memenjarakan dirinya sendiri. Ruang pikirnya sempit karena hanya terpaku pada anggapan-anggapan kuno yang semestinya dibuang jauh-jauh.


Asal kalian tahu ya, saat ini wanita memiliki banyak peranan yang penting loh di hampir semua lini kehidupan. Kalian bisa lihat sendiri, sudah berapa banyak wanita Indonesia yang menempati posisi-posisi penting di pemerintahan. Belum lagi di ranah internasional. Kalian pasti masih ingat kan dengan sosok wanita muda Indonesia bernama Nara yang mampu membela tanah air kita di mimbar PBB dengan pemikirannya yang canggih. Sayangnya kebangkitan wanita Indonesia saat ini belum tersebar merata di seluruh Indonesia.




Nyatanya di berbagai daerah masih banyak berita-berita memilukan soal kejahatan terhadap wanita, mulai dari kekerasan, pembodohan, sampai dengan perdagangan manusia. Saya sendiri tidak bisa menyalahkan wanita-wanita ini. Menurut saya hal ini terjadi karena kurangnya informasi yang mereka dapatkan. Seharusnya para wanita di seluruh pelosok Indonesia ini mempunyai akses yang luas untuk mendapatkan informasi-informasi penting.


Peran Website & Mobile App untuk Kebangkitan Wanita Indonesia


Informasi bisa kita didapatkan dari manapun, bisa dari koran, buku, televisi, atau radio. Sayangnya media-media ini masih terbatas ruang lingkupnya. Kita butuh media informasi yang real time, cepat, dan mudah diakses. Dan itu hanya bisa kita dapatkan dari media yang berbasis internet. Ya, internet. Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol. Dan salah satu media yang berbasis internet adalah Website.

Berikut sedikit informasi mengenai Website itu sendiri. Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia. Dan ruang informasi yang digunakan untuk mengakses Website adalah World Wide Web, atau biasa kita kenal dengan sebutan www. Biasanya website pencari yang sering kita gunakan adalah Google. Selanjutnya kita hanya tinggal mengetik informasi apa yang kita inginkan di mesin pencari, lalu muncul deh hasilnya berupa website-website yang berisi informasi yang kita cari. Yup semudah itu, informasi bisa kita dapatkan dengan cepat. Itulah yang seharusnya didapatkan wanita Indonesia sehingga bisa benar-benar bangkit.



Lalu bagaimana dengan orang yang punya informasi penting, tapi tidak tahu cara menyebarkan informasi tersebut. Ada banyak cara, salah satunya melalu media sosial. Kita hanya perlu update status atau upload foto atau video dengan caption yang berisi informasi yang ingin kita sampaikan. Dan tidak perlu juga lewat komputer atau laptop. Sekarang semua media sosial sudah bisa kita akses lewat smartphone dalam bentuk mobile apps. Mobile apps ini ternyata punya peranan penting ya untuk kebangkitan wanita Indonesia.


Sayangnya media sosial menurut saya masih kurang dan terbatas. Contohnya saja Twitter, jumlah karakternya terbatas sehingga kita kurang begitu bebas dalam menyebarkan informasi. Begitu pun juga dengan Instagram, caption-nya tidak bisa kita salin atau kita berikan link. Media sosial ini juga lingkupnya terbatas, hanya tersebar pada teman-teman di sosial media saja, membuat masyarakat umum atau orang-orang yang tidak kita kenal tidak bisa mengakses informasi tersebut. So, sekali lagi Website adalah media yang paling cocok untuk menyebarkan informasi.


Bingung caranya membuat website? santai Sist. Ada 1 tempat kursus khusus IT. Kalian bisa kursus cara membuat Website disini. Tempat kursus ini lagi happening banget loh. Namanya Baba Studio. Siapa bilang untuk belajar IT mesti sekolah tinggi dulu di Universitas. Bahkan... kalian ga mesti punya background IT sebelumnya untuk bisa kursus di sini. Keuntungan lainnya dari kursus ini adalah jadwalnya yang fleksibel. Kalian bisa menentukan sendiri jadwalnya, dan kelas pun bisa tetap berjalan tanpa perlu ada kuota minimal jumlah murid. Canggih ya. Kapan lagi coba kita bisa jago IT dalam waktu beberapa bulan saja.


Peran Toko Online untuk Kebangkitan Wanita Indonesia


Kegunaan Website sebenarnya bukan cuma buat menyebarkan informasi loh. Dengan Website wanita juga bisa menyalurkan pemikiran, hobi, dan kreativitas. Buat kalian yang suka menulis cerpen atau cerita film atau beropini cerdas, Website bisa jadi media yang cocok buat itu. Setelah selesai memasang tulisan kalian di Website, selanjutnya bisa kalian sebarkan deh di media sosial atau SEO di website pencari. Syukur-syukur ada orang penerbit atau orang media cetak atau bahkan orang film yang tertarik sama karya kalian dan menawarkan kalian untuk bekerja sama. Wah... bisa jadi pendapatan baru nih.

Lalu bagaimana dengan nasib para Ibu Rumah Tangga yang juga ingin memperoleh pendapatan tambahan tapi tidak berbakat menulis? Tenang Sist, ada solusinya kok. Kalian bisa berjualan online. Yup, secara online. Kalau dulu kita mesti pergi ke pasar atau ke toko fisik untuk berbelanja, kini tidak perlu lagi. Kita hanya perlu duduk manis di rumah sambil memainkan komputer atau laptop atau smartphone yang terkoneksi internet. Itu yang dinamakan online. Dan jangan salah, pasar online seperti ini sekarang lagi banyak banget loh peminat dan pelanggannya. Ini jelas bisa jadi ladang pendapatan buat para Ibu Rumah Tangga atau wanita karir sekalipun.



Dan sekali lagi, Baba Studio bisa jadi konsultan terbaik untuk para wanita yang tertarik berjualan online. Kalian bisa kursus membuat toko online di sini. Mantap kan! Tapi berjualan online bukan cuma bermodal itu saja, kalian juga harus tahu strategi marketing yang pas agar jualan kalian laku dan banyak yang beli. Yup, lagi-lagi Baba Studio menjadi pemberi solusi terbaik buat ini. Kalian bisa kursus internet marketing di sini. Pokoknya dijamin deh setelah kursus di Baba Studio, toko online kalian pasti jadi makin rame. Waw.. ternyata tempat kursus ini benar-benar punya paket yang lengkap ya.




Jadi kesimpulannya, berhati-hatilah untuk kalian para pria atau siapa pun di luar sana. Wanita Indonesia sudah benar-benar bangkit dari sangkarnya. Jangan pernah lagi menganggap remeh para wanita Indonesia. Ayo... bangkit terus wanita Indonesia. Semesta mendukung kita.



Tidak ada komentar: