Rabu, 20 Mei 2020

ALL FROM HOME CARA TERBAIK MENJALANKAN RAMADHAN


Memiliki dua fungsi pekerjaan di sebuah lembaga pendidikan dan harus membawa seluruh pekerjaan itu ke rumah, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi ku. Kedua fungsi pekerjaan ku itu adalah sebagai akunting dan juga guru ekonomi di sebuah sekolah swasta di Tangerang Selatan.

Work From Home itu ibarat perkerja Freelance, melakukan perkerjaan dari jarak jauh dan dimana saja alias untuk saat ini tentu saja harus di rumah saja. Hal ini biasa disebut dengan remote working, pekerjanya biasanya memiliki kemampuan indenpendent thinker yaitu pekerja yang diberi misi dan target untuk diselesaikan tanpa harus diawasi secara langsung oleh atasan. Mereka ini biasanya punya inisiatif tinggi dalam bekerja, tidak hanya menunggu diberikan pekerjaan, tetapi sebaik mungkin meminta pekerjaan agar dapat memberikan kontribusi terbaiknya. Ini adalah hal baru mungkin bagi sebagian orang, tapi ini adalah tantangan yang dapat membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sudah mampu bekerja secara mandiri dengan hasil kerja yang berkualitas.

Sebagai pekerja freelancer kamu akan dibayar sesuai dengan kualitas dan beban kerja kamu, bukan berdasarkan waktu jam kerja kamu ketika berada di dalam kantor dengan gaji yang flat. Memang bukan zona nyaman yah, tapi jelas ini jadi motivasi untuk bekerja dengan kontribusi terbaik untuk hasil yang lebih baik juga. So jangan mengeluh yah kalau selama WFH ini gaji kita dipotong. Karena kalau dipikir-pikir lagi, sebenarnya beban pekerjaan kita berkurang banget selama WFH, mulai dari transaksi perusahaan yang berkurang, ataupun tidak semua pekerjaan bisa kita angkut ke rumah.

Menerapkan sistem kerja Work From Home sebenarnya dapat membuat proses pekerjaan kita lebih efektif dan efisien daripada dikerjakan di kantor. Yah bekerja di rumah bisa menghemat waktu. Kenapa bisa begitu? Ketika berkerja di kantor biasanya kita tidak bisa menghindari dari yang namanya bersosialisasi dengan teman sekantor, dimana mengobrol santai sebenarnya sangat bisa memotong keefektifan pekerjaan kita selama di kantor. Sedangkan kalau kita bekerja di rumah kita bisa lebih fokus menyelesaikannya tanpa gangguan teman sejawat. Termasuk dalam kegiatan meeting, dimana kalau dilakukan secara tatap muka langsung biasanya akan diawali basa basi dan terjadi keterlambatan di antara anggotanya. Sedangkan ketika meeting secara daring, kita sudah tidak punya alasan untuk datang terlambat ataupun membahas hal-hal yang kurang penting di tengah meeting.

Selain itu Work From Home itu bisa Sambil Santai dan Nyambi. Bekerja sambil mendengarkan musik masih bisa dilakukan pada saat kita bekerja di kantor. Tapi bagaimana kalau bekerja di kantor sambil melakukan hobi misalnya menonton film, yakin masih bisa? Wah bisa sih, tapi kemungkinan kamu akan langsung dipecat. So ini lah saatnya kamu yang lagi WHF bisa menikmati bekerja sambil nyambi melakukan hobi kamu tanpa diawasi atasan. Tidak hanya hobi yang bisa kamu lakukan selama WFH, kamu juga bisa mengikuti kursus online untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang pekerjaanmu. Intinya WFH ini bisa memberikan kita fleksibilitas waktu dalam berkerja, tidak harus dari jam 8 sampai dengan jam 4, yang penting kita tetap harus memenuhi jam kerja standar yaitu 8 jam dalam sehari. Tapi tetap harus punya target yah untuk menuntaskan kewajiban kita sebagai pemegang amanah di kantor tempat kita bekerja.

Lalu seperti apa indikator pencapaian kerja ala WFH ini ? Selama masa WFH ini, para atasan akan membuat formula laporan WFH yang bisa diukur seberapa baik kualitas pekerjaan para bawahannya. Contohnya dengan membuat laporan WFH dalam bentuk excel yang berisi tabel-tabel list pekerjaan dengan detail waktu pengerjaannya beserta keterangan progres dari masing-masing list pekerjaan tersebut. Jadi enggak ada lagi tuh yang namanya belum kerja kalau bos belum melihat kita bekerja di depan matanya.

Kemudian yang terakhir adalah Work From Home adalah momen yang tepat banget untuk dilaksanakan selama bulan ramadhan ini. Ketika menjalankan ramadhan di kantor, apakah bisa kita selingi pekerjaan dengan ibadah ramadhan seperti tilawah dan sunah-sunah lainnya tanpa harus dikejar deadline pekerjaan dan rekan kerja ? Karena WFH ini membuat pekerjaan kita bisa lebih efektif dan efisien, dan juga dengan adanya fleksibilitas waktu, maka ini adalah hal yang menguntungkan buat kita yang ingin menjalankan kebaikan ramadan kali ini dengan lebih khusu di tengah wabah covid-19. Yuk mari kita bekerja dari rumah sekaligus berlomba-lomba dalam menjalankan ibadah ramadhan dengan lebih semangat untuk mendapatkan pahala terbaik dari Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar